Senin, 30 April 2018

Info Madura

MAYORITAS UMAT ISLAM INDONESIA BERPUASA DAN BERIDUL FITRI BERSAMA



PAMEKASAN INFO MADURA_Kewajiban berpuasa bagi umat islam akan dilaksanakan beberapa hari lagi. Pada tahun 2018 ini, umat islam khususnsya Indonesia, secara mayoritas akan melaksanakan permulaan ibadah puasa secara serentak. Berdasarkan data hisab dari berbagai metode, bahwa ijtimak/konjungsi (bulan mati) terjadi pada hari Selasa Kliwon 15 Mei 2018, antara jam 18.30 – 18.50 WIB berdasarkan markas observasi anjungan gedung baru IAIN Madura di Pamekasan. Sementara matahari akan terbenam di Pamekasan pada jam 17.18 WIB. Dengan demikian, ijtimak/konjungsi baru terjadi setelah matahari terbenam. Secara otomatis hilal belum diatas ufuk pada saat itu. Hal ini disampaikan Hosen, MHI selaku Tim Ahli bidang Hisab dan Rukyat pada Laboratorium Ilmu Falak IAIN Madura kepada infomadura.com.
Lebih lanjut Sekretaris Badan Hisab dan Rukyat Kab. Pamekasan itu mengatakan, bahwa sekalipun pada tanggal 15 Mei 2018 akan dilaksanakan rukyatul hilal, hal itu semata-mata memenuhi kewajiban untuk memastikan bahwa hilal belum tampak di atas ufuk.
“ Insya Allah tahun ini mayoritas umat Islam di Indonesia akan memulai puasa secara bersama-sama”, ujarnya.
Sementara untuk Idul Fitri, menurutnya juga akan dirayakan bersama-sama. “Untuk Hari Raya Idul Fitri, Insya Allah juga akan dirayakan bersama-sama pada hari Jum’at Legi, 15 Juni 2018. Mengingat ijtimak/konjungsi akhir Ramadlan akan terjadi pada Hari Kamis Kliwon, 14 Juni 2018,  jam 02.45 WIB dini hari.  Sehingga ketinggian hilal pada sore harinya sudah mencapai 8 derajat. Sudah lebih dari batasan imkanurrukyat," jelas pria yang juga sebagai Ketua Lembaga Falakiyah NU Pamekasan itu. (AlBanna)